Senin, 31 Agustus 2009

Antara Kakak, Adik dan Kebanggaan

Tumben banget gw nulis dalam sehari sampe 2 kali. Kayaknya otak gw lagi kena diare nih. Nyahahaha

oke mulai serius
*backsound film vampir ceritanya*
lo pernah ga sih ngerasa dibanggain atau bahkan di anak tirikan dan dipandang ga becus sama orang tua atau orang sekitar lo?
*kalo bilang kga = BOONG.hahaha.*
well, gw mau ngebahas dikit tentang ini nih. Gw punya cerita pengalaman gw sbg pelaku perasa dan juga pengalaman gw sbg pemantau.

Gw mulai dari perasa dulu ya. gw dari dulu sampe sekarang yg gw denger cuma judge dari orang tua gw tentang gw yg tukang kelayap, bandel, tukang pulang malem, ga penurut, pemberontak dan yg lain yg parah2 deh. Dan di lain sisi gw punya 2 kakak. Kakak pertama gw, dy dokter, dgn karier bagus, masuk angkatan laut(cita2 bokap gw yg ga kesampean), nurut, bisa masak, ga neko-neko dan lain yg bagus. Dan kakak kedua gw, dy anak penurut, baik2, dan dgn IP kumlot ktika lulus kuliah.
Awalnya gw pikir kayaknya gw ga guna gimana gt deh kalo di bandingkan sama sodara2 gw (adek gw ga d itung, gw bingung dy pasif bgt. Haha), gw pasti selalu kalah dan kalah dan gw sebel itu. sayangnya kerjaan bokap nyokap gw kalo gw mulai nyeleneh ya kyk gitu tuh. membandingkan dan terus membandingkan. akhirnya gw sempet mikir, "kenapa sih gw punya kakak yg terlalu jauh untuk disamakan dgn gw. dan kenapa juga gw yg bukan jadi anak yg terbanggakan."
kadang gw suka sebel tuh kalo kakak gw dpt ini itu krn k nurutan dari mereka dan giliran gw yg minta, ebuset susah men. Hadah.
Gw sempet loh kesel sm kakak gw. marah sama dy. Dan gw diemin aja gt dy. Hahaha.
Tapi, ada 1 hal yg agaknya ngubah paradigma yg ada di otak gw, yaitu pas kakak gw bilang "rima, tanpa lo sadari, lo itu lebih pinter dari gw atau lita. Dan tanpa lo sadari juga, lo punya apa yg ga kita berdua punya. Lo selalu suka ngbrolin apa yg ga lo suka dan gamau nerima sesuatu secara mentah. mungkin lo ngeliat kita selalu d banggain, tp tanpa lo tau, mama, papa, gw, lita, jauh lebih bangga dan kita selalu naro harapan besar sama lo."
gw yg denger cuma diem sambil mikir, oh gt toh. Ternyata tanpa disadari 'iam something not just nothing'. Agak malu2 keenakan gt sih gw. Hahaha...
Terus gw tanya k kakak gw, "trus knp papa, mama selalu mandang gw salah?"
dy bilang, "itu supaya lo lebih kuat dan ga gampang lenyeh ktika di puji dan tetep selalu punya acuan buat berbuat yg maksimal dan lebih baik."
ngefans bgt nih gw sama kakak gw si deby heratika. Dy bukan cuma kakak tapi teman yg sangat baik. HAHAHAHAHA...
Dan skrg misi gw, biarpun nanti bokap nyokap gw mulai kumat ngebandingin, yg bisa gw tawarin k mereka cuma 1 hal, nunjukin yg terbaik yg gw punya dan paling ga ngebuat mereka ga kumat menceramahi gw. HAHAHAHAHA

Itu dari segi gw sbg perasa. Bgaimana sbg pemantau?
Jadi gini, gw punya temen. Mereka 3 bersaudara. Gw kenal mereka bertiga. Anggep aja urutan nama dan umur, A B C. jadi d keluarga si A selalu jadi anak emas gitu. Selain dy pintar akademis dan organisasi, dy juga kakak yg baik dan berdedikasi tinggi buat keluarga. Dan si C adalah anak yg katanya suka nyusahin, bikin stres orang tua, bikin pusing. Dan si B itu tengah2 lah antara A sm C, tp lbh k brutal sih. Suatu hari A bercerita "enak y jadi C. Ga perlu mikul beban berat jd anak pertama. Bisa santai. Ngembangin apa yg di punya. Dan karna jarang terliat sempurna, jd kalo ga sempurna di wajarkan. Coba kalo gw, yg gw pikirin gmana cara gw ga memalukan di hadapan adek2 dan keluarga gw. Gw jg harus selalu berusaha sempurna karna kalo ga pasti gw ditanyain ada masalah apa."

kemudian stlh si A curhat, si C gantian curhat(A gatau loh), dy blg "enak ya jadi bang A. selalu nyenengin mama papa, kalo tiap ada sodara pasti bang A yg selalu di sodorin sbg bukti keluarga ini hebat. lah gw? Boro2 kayak gt. Yang ada gw cuma berasa jd aib aja. mama papa cepet bgt stres ngadepin gw. Udah sekuat apa usaha gw buat berdedikasi k keluarga, tetep aja gw d pandang salah atau sebelah mata. padahal kan gw mau jadi bang A"

gw yg denger cuma bisa garuk2 aja sambil ketawa2 dan sok2 serius ngedengerin gt deh. HAHAHAHAHA..

Dalem hati gw bingung, kayaknya ini udah jadi sbuah siklus. Kakak ngiri k adek, adek ngiri k kakak. Ga ada yg salah ko. Wajar itu. Hanya aja kurang keterbukaan antar sesama sodara.

Dari 2 cerita gw d atas, gw menyarankan,
1. Antara sodara harus saling terbuka.
2. Dalam meliat sesuatu jangan meliat dari satu kacamata. Liatlah dari segala arah.
3. Inget! Tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing2.
4. Semoga bermanfaat.

SALAM

1 komentar:

  1. haahaha..baru nyadar lo?
    emang umumnya gitu kale..apalagi 3 bersodara..
    mangkenye...yg akur sama kakak/adek..kayak gw neh..kalo ceritanya A,B,C, gw jg prnah ngerasa kayak C lho! A itu perfect..B itu supel dan gahul..lha C? yg paling diharepin tapi juga yg paling...eee...gitu deh.
    (lho kok curhat?)

    BalasHapus