Sabtu, 29 Agustus 2009

Antara Indonesia, Budaya dan Malaysia

Sebenernya pada awalnya gw gamau nulis tentang ini. Hanya saja, belakangan banyak orang dan alasan yg ngebuat gw mau nulis tentang masalah ini.
Kalo ga salah, masalah memperdebat budaya kayaknya berawal dari ketika malaysia mengklaim batik sbg kebudayaan mereka dan masyarakat kita ga setuju, dan kemudian malaysia ga lama mengklaim reog panorogo, sampe terakir katanya tarian pendet.
Gw sebenernya agak bingung sama masyarakat kita dan agaknya rada males aja kalo tiap k blog yg ngebahas tentang malay, lgsg komennya ganyang malay ini itu ini itu. Dan gw agak bingung kemana aja masyarakat indonesia? Ketika udah pada di ambil baru pada ribut. Kemaren beberapa bln sebelum masalah ini santer terdengar, bhkan sampe hari ini pun gw kurang ngeliat yg namanya pelestarian budaya dari masyarakat kita. gw akui gw mgkn sempet ada di dalamnya, tp ya gw cuma bisa bilang woy orang indonesia ayolah kita bergerak. Jgn cuma panas di mulut aja, lebih baik panas di perbuatan berapi-api dalam menjalankan sebuah perubahan. Mau sampe kapan kita cuma bisa mencemooh orang malaysia atau berkomentar pedes tentang kelakuan mereka. dgn mulut tanpa usaha dan pergerakan y kita ga akan bisa ngapangapain jg toh. Dan dgn ngeributin apa yg udah mereka ambil kita bisa ngebuat apa? Bisa ngerubah apa? Kenapa ga ambil positifnya? Kan budaya kita udah ada yg di ambil, harusnya jadi pelajaran buat kita dan sbg generasi muda buat lebih keras lagi melestarikan budaya. Pada ngerasa useless ga sih kalo ketika malay ngambil budaya kita, trus kita cm marah2 ngeributin. Trus malay ambil lg dan kita gt lagi. Lama2 kalo cuma ngeributin apa yg udah d ambil dan apa yg udah terjadi, nanti budaya kita abis. Gw paham semua masyarakat kesel, dan ayolah jangan cuma kesel. Masih banyak kok hal yg bisa kita lakuin ketimbang kesel2 aja. Dan gw rasa utk masalah ini salah semua kok. Ya gw ya lo ya pemerintah ya malay. Pemerintah sebenernya harusnya bisa secara rutin bwt mempatenkan budaya kita dan bukan baru kelabakan ketika budaya terambil. Dan untuk kita para generasi muda, harusnya kita bisa lebih cinta budaya dan negara kita. Harusnya kita bangga ketika kita harus menari tarian daerah, memainkan musik daerah, atau bhkan menikmatinya. sayangnya gw ngeliat itu dikit bgt. Kita lbh seneng budaya kebarat2an kita. Kita lbh suka busana2 top mode luar negeri kita, kita lebih suka menikmati hal2 yg brhubungan dgn luar negeri. pdhl turis2 asing justru byk yg k negara kita karna saking terpesonanya sama kebudayaan kita. Dan masalah mempatenkan, harusnya kita bisa jadi argumentasi dan bukti buat pemerintah kita ketika mereka mempatenkan budaya kita. Ayolah jgn jadi egois dgn hanya marah2 tapi tak melakukan apapun. Ketika banyak masyarakat mulai melakukan perubahan dgn tindakan, kita baru memulai dgn memaki yg ga ada selesainya.
Dan bagaimana mslh hak paten itu, jadi tiap negara mengajukan hak paten k unesco. Karna budaya itu tidak bisa di deteksi secara jelas dan ga ada bukti otentiknya, jadilah unesco memparameterkan dari meliat bgaimana kelestarian budaya yg akan di patenkan. Dan itulah knp sampe skrg indonesia baru mempatenkan batik pekalongan dan wayang. Ya krn yg baru keliatan hanya itu. Lalu knp malay bisa mempatenkan yg kita punya? Karna masyarakat mrk yg konon brasal dr masyarakat pendatang dan ga punya budaya asli, generasi mudanya sangat serius sama yg namanya pelestarian budaya dan pemerintahnya pun meliat bhwa budaya bisa sbg warisan bangsa(entah bangsa syp, pokoknya yg mrk tau yg bangsa mrk) dan sumber devisa yg harus di rawat. Jadi tolong masyarakat indonesia, ayo seriuslah melakukan perubahan. Kalo kita marah merasa di injak2, mari naikkan wajah kita dan berkelakuan lebih tinggi agar ga pantas di injak2 dgn melestarikan apa yg kita punya. Kalo merasa marah dan berkobar dgn ganyang malaysia atau perang, ayolah kita perang dalam artian bersemangat dan berlomba melestarikan kesenian kita agar malaysia atau negara lain ga punya celah buat nginjak2 kita dan ngambil apa yg jadi hak kita dgn cara serius dalam menjaganya.
Katanya generasi muda agen perubahan, ayo tunjukin k dunia kalo itu bener dan bukan obrolan semata.
Jaya Indonesia !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar