Minggu, 10 Mei 2009

UNTUK 81 KU

Kalo lo anak 81 angkatan solaris atau lo punya temen anak 81 atau lo anak 81 yg peka tentang 81, mgkn lo tau kalo sekarang lg dibuka pendaftaran capsis atau calon PO, ini buat anak kls X gt. Karna gw bkn kls X dan gw udah pernah ngalamin itu, gw sekarang mw ngflashback aja k jaman gw capsis dulu.
Waktu gw capsis semuanya berawal dr ga sulit bgt. Gw bli formulir, ambil formulir, cari tanda tangan. pokoknya sampe tahap kedua gw ga gt susah lah. Dan jujur aja, gw ngerasa rada datar. Namun, ketika itu ketika sesuatu gebrakan yg dbuat osis angkatan gw terjadi. Mereka membuat restrukturisasi atau kyk kmbli k juklak sebenernya. Mpk dan osis yg awalnya mpk brada d atas osis jd sejajar dan pidas+kkr yg awalnya jd organisasi jd sbuah ekskul. Nah, setelah hal itu, smw masa capsis gw berasa petualangan. Temen2 gw yg dr anggota mpk, pidas, kkr seakan mencap gw sm temen2 capsis gw jahat krn ngubah bntk mrk. Jadi ga enak gt seangkatan. Jadi pd sinis2an, jutek2an, slg musuh2an. Dan itu berlangsung terus2an. Wkt gw capsis, krn mslh itu, gw sempet dsorakin 1 temen2 gw pas lg kumpul. Dan krn wkt itu byk angkatan gw yg ga suka sm PO atas gw, mrk jg ikut2 nyorakin. Intinya hampir dr angkatan gw yg pidas+kkr+ga ska sm PO atas gw, nyorakin dgn dasar, "kami capsis yg akan jd PO dan berarti kami akan jd sejahat PO dlu(itu pandangan mrk)."
Gila gw cm bisa geleng2, gw cm bisa mikir gmana ceteknya pikiran orang2, dan gw pun ngelontarin itu k temen2 gw. Pokoknya masa capsis gw penuh dgn sorakan itu lah.
Dan kemudian, sorakan itu berubah jadi konspirasi. Konspirasi antara pidas, kkr, mpk buat neken para capsis supaya pas ngejabat kita ngebatalin restrukturisasi itu.
Waktu itu yg paling gw inget adalah tragedi rumah jaya. Tepatnya pas sekolah libur krn ada pemilihan gubernur gt. kita para capsis dkumpulin sm KPP ampo(yg nyeleksi kita dan gabungan dr PO, pidas, mpk, kkr, independen), mrk cm blg dsuruh ngumpul. Dan kita kira mgkn mrk mau ngasi materi. Tp ternyata, pas gw dtg, dsana isinya KPP yg cm mpk,pidas,kkr. Ga ada si PO dan independen. Udah pd curiga gt. Awalnya masih biasa aja. Sampe pas stlh makan siang lgsg ketauan mksd dkumpulin gt. Tiba2 disana ada guess star yaitu angkatan gw perwakilan ank pidas,kkr,mpk. udah mulai ga enak th gw sm temen2 gw yg dtg. dan bener aja, trnyata obrolan stlh makan itu adlh doktrin ga lgsg yg intinya mrk ngasi statement dan nyuruh kita janji, "lo ga kesian apa sm temen2 lo? Kalo kasian ayo janji sm kita buat ngerestrukturisasi ulang ntar pas lo ngejabat".
Waktu itu kita yg dtg cm berapa biji gt. Mgkn 15. Pokoknya ga byk. Dan knp bisa gt, hanya mrk yg ga dtg atau mrk yg ijin yg ngerti. Hehe.
Pokoknya untung kita bisa pulang selamat dan bisa buat ga janji.
Waktu itu, ktika kita ga janji, kita dpt ancaman konsekuensi berat bgt. Kata mrk, mrk mw ngeboikot pemilos kita. Mau d ancurin gt, mau dkacauin. pulang dr sana kita ga ada yg pulang. Kita panik dan nyuruh osis angkatan gw dtg. Kita brg2 mikirin gmana2nya. Sampe h-beberapa menit sblm pemilos kita yg dtg pas wkt d rumah jaya pd tegang smw. Gw inget bgt, gw dpt sms yg bunyinya "olympus, bsk kita ancurin pemilosnya, pilih calon ketos yg paling lemah biar osisnya ancur."
kalo dtelaah ga penting bgt yg sms. Scr, kalo mrk bkin osis angkatan mrk ancur=ngancurin angkatan. Dan gw bingung bgt antara pen blg th orang bego sm marah. Pokoknya kita deg2an bgt. Dan untungnya, pemilos lancar. Gosipnya, si ketua KPP yg notabene dr MPK dan jg ikutan pas d rmh jaya di ancem sm guru kalo dy bkal dkeluarin kalo berani macem2.
Kita pun dlantik. Dgn nama yg bagus, ganezvara dhiprarastra. Waktu gw ngejabat, konspirasi tadi masih berasa bgt. Tapi untungnya makin gw ngejabat makin mereda, dan untungnya reviival pensi 81 itu yg ngbuat smw jd reda. Konspirasi itu teredam oleh pikiran, "ga penting ngurusin brantem2, yg pntg buat nama 81 keren d angkatan kita."

Dan itu sekian tentang kisah kelabu gw 2thn lalu. gw harap, semua konspirasi itu udah ga ada. cukup berakhir sampe gw.
Buat pidas, kkr, mpk, kalo gw jadi kalian mgkn awalnya gw akan kyk gt. Krn gw pun sempet mempertanyakan apa yg kalian rasa. Kemudian gw melihat peraturan yg berlaku, semua ada d juklak dr diknas. Organisasi yg sah d sekolah hanya osis. Dan untuk kesetaraan di juklak jg tertulis. Mnrt pandangan gw, kalian(pidas dn kkr) justru lbh dhargai sbg ekskul drpd organisasi ga sah kn? Kalian lbh terhormat d mata byk org skrg. Percaya deh. Dan tanpa kalian sadari, skrg kalian justru lbh berkembang ketimbang dahulu. No offense loh. ini fakta. pesen gw singkat aja, efisienin anggota kalian. Dikit tp brkualitas lbh bgus ktimbang byk tp ga mutu.
Buat adik2 gw di osis, mpk, kkr, pidas, sudahi pertikaiannya. Jgn buat jd perang dingin atau musuh dlm selimut. Jgn mikirin tentang restrukturisasi mulu. Pikirinkanlah mau jadi apa kita mau dlm bentuk apapun kita, yg penting satu hal, kita bisa memajukan 81 jadi lebih baik dan keren dgn kerja sama yg baik antara semua elemen di 81, dalam hal ini, semua angkatan, guru, osis dan ekskul2.
Ini opini dan sekedar saran, buat smw ekskul jgn pernah larang anggota kalian untk menjadi wakil murid (dalam pengertian anggota kalian bisa dlm mengatur wkt), dan kalian bisa nyuruh mrk memilih ketika kalian lihat mrk tak mampu memanajemenkan waktu mereka.
Dan untuk angkatan gw, khususnya rastra, ayo kejar impian kita. Waktu kita saat ini adalah menggabungkan hasil blajar formal dan informal kita agar dapat menggapai impian. Regards.

2 komentar:

  1. hhe.. jadi inget masa" itu..

    yg penting yg terbaik buat 81 aja gmana..
    mw ada restrukturisasi ulang juga ok..asal warga 81 bisa nerima konsekuensi dari apa yg udh dipilih..

    BalasHapus
  2. iyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa setuju banget sama kak fina. yang penting udah dikasi gambaran dari semua kemungkinan yang akan terjadi, apaun yang ntar dipilih,apapun dan bagaimana dampaknya harus dijalani begitu.

    BalasHapus