Senin, 18 Mei 2009

Balada cita-cita

Hey hey yugais.
What's up? Damang?zzz

Masa ya kemaren malem gw lagi inget2 tentang masa kecil gw dan cita-cita gw. Beh ternyata gw maunya byk aja deh.

Waktu gw TK, gw memulai cita-cita gw jadi ketua gengster gara2nya gw di TK jd ank cewe di dalem geng cwo dan itu kyk geng pentolan di TK gw. Pas TK gara2 gw sama temen2 gw ditakutin gt dan bisa dgn seenak hati nyuruh2, trus ditakutin, gw jadi mikir kyknya enak jadi ketua geng sampe gede. Kyk gengster di film2 cina gitu yg bisa nyuruh2, bisa terus punya duit, kalo ga punya duit tinggal minta orang dan jadi punya duit deh. Seru banget tuh.

Berlanjut gw masup esde. Gw udah mulai ngerti film kriminal gt tuh, udah tw yg namanya preman. Akhirnya gara2 gw suka ngeliat di tipi gengster2 suka dikejar2 polisi, gw ganti cita-cita. gw jadinya mw jadi astronot pas gede. Karna waktu itu gw ngeliat neil amstrong pemes bgt. Sampe anak esde aja tau. Udah gt dy dibilang keren dan pas itu ada power ranger in space yg power ranger di luar angkasa. Jadinya gw doyang bener sm astronot sama luar angkasa. Tapi cita-cita gw yg ini pupus pas gw kelas 3 esde. Konon kata emak gw, kata temen2 gw dan kata kakak gw, astronot giginya ga boleh bolong. Dan gigi gw dulu bolong2 kyk jalanan di kalimalang. Yodah gw lgsg sedih dan sempet ga mikirin cita-cita.

Gw kelas 5 esde beda lagi. Gw udah ga sedih dan gw nemuin cita-cita gw. Dan cita-cita gw jatoh ke PENGUSAHA. hehehe.
Gw mw jadi pengusaha gara2 liat bokap gw. Pakaian rapih, bawa tas kemana2, bisa jalan2 kemana2, udah gitu tasnya isinya duit smw. Asek dah ah.
Pas itu yg cita-citanya jadi pengusaha ga cuma gw. Adek gw jg. Jadinya kita maen bos2an. Biasanya gw jadi bos. Trus adek gw jadi ank buah. Biar kita keliatan kyk pengusaha beneran yg ada di tipi2, kita pake baju mandi buat jd jas, sama tali tuh baju mandi buat jd dasinya. Hasilnya tali mandi smw orang di rumah pada hampir ilang smw gara2 gw sama adek gw. Biar lebih nyata kita jg bikin duit2an. Pecahannya 1 juta paling kecil. Biar kesannya kaya bgt gt. :)
Nah, biasanya maen bos2an kita th ada acara bos makan di restoran. Dan yg jd anak buah dy yg harus masak jd koki. Biasanya tetep adek gw yg masak. Akirnya gara2 dy ngerasa jadi anak buah mulu jadinya dy udahan maen bos2an.
*padahal dy aja th yg ngerasa.

Lanjuta aja deh pas gw SMP. Pas SMP gw udah kesenengan sm idup gw. Jadinya cita-cita gw waktu itu bikin orang seneng dan ketawa. dan itu jatoh ke pelawak. Apalagi pas jaman gw SMP ada ketoprak humor yg tiap nonton gw suka ketawa liat tessy+topan+lesus jadi 1 dan kayaknya seru.

Pas gw mulai masup SMA beda lagi ceritanya. Baru kelas 1 aja bokap nyokap gw udah serius nanyain gw mau jd apa. Apa banget deh zz. Tapi mereka rada maksa. Mereka maunya gw jd dokter kyk kk gw. Kerasa bgt noh. Misalnya gw blg gw mau jd detektif, mereka lgsg blg "ntar kerja apan jd detektif ga jelas. Kamu jd dokter aja sama kok kyk detektif nyelidikin penyakit". Atau gw blg mau jadi pengusaha "kamu jadi dokter jg aja kan ntar pas udah jadi dokter kamu ngumpulin dana biar bisa jadi pengusaha". Gitu deh tiap kali. Akirnya gw blg aja deh "yodah dokter", biar cepet aja dah gw. Hahaha...

Gw naek kelas 2, gw mau bgt masup ips. Secara gw suka sejarah atau ekonomi yg kita bisa belajar itu dari nonton tipi. Pas gw blg mau ips, mereka blg "kamu jgn malu2in. D keluarga kita ga ada yg ips. Ips tuh jelek bla bla bla". Yodah biar cepet lg, dan krn gw doyang bgt kimia, gw blg aja "yodah ipa".

Dan ketika gw kelas 2, gw masuk k osis, hasrat (hasrat katanya) ipa gw udah mulai ilang, smw gra2 guru ipa gw pada ga penting smw pas kelas 3. Cm biologi aja yg penting. Dan gw tetep kekeuh sm kimia. Gw dgn dikit berani blg, gw mau jd EO, mw jd pengusaha lagi, atau ga gw mau jadi pengacara yg lebih byk kerja lapangan yg lebih byk ngomong, ngurus2in, nyelidik2in.
Dan lagi2 bokap gw berkata "jadi dokter bisa kyk gt. Kerja lapangan, nyelidikin penyakin, ngurus2in pasien, jago ngomong jg, liat aja kk kamu. Gt kn dy?".
Buset dah bokap gw zz bgt deh. Mau di ngelesin apan jg tetep aja deh. Ketek asem deh.

Ga kerasa gw udah kelas 3. Gw ditanya lagi, "kamu tetep mau dokter kan?"
Dgn was2 akhirnya gw ngomong jg tuh kalo "gw ga tertarik sm dokter sm sekali.walaupun kata tes psikotest gw suka dgn kegiatan sosial, tp gw ga demen jadi dokter. Gw ogah ngabisin 4-6thn idup gw bwt pacaran sm buku sm mayat2 berformalin sm darah dan terkadang sm setan rumah sakit. Hiiiyyy. Gw takut. Gw maunya jadi orang teknik aja, atau ga jd orang farmasi atw ga y di ips."
*dgn bhs halus.
Bokap nyokap gw ngerti jg. Gw skrg dsuruh jd akuntan. Org yg slalu d balik meja. Sebenernya gw gamau tp gw kesian sm mereka. Jadi gw iya. Dan disamping itu mereka jg udah ngebolehin gw ngejar teknik sm farmasi.
Dgn bekal gw suka kimia gw ngejar tuh. Awalnya gw mau tekim sm farmasi tp oh no tekim fisikanya 2,5thn apa 3thn gt. Ogah deh gw pacaran sm fisika. Dan cuma teknik industri yg fisikanya paling bentar dan terlebih blajarnya kyk manajemen. Yaudah gw pilih. Hehe.
Tadinya gw sempet mau nyerah gara2 ngeliat orang yg ngambil FTI tuh yg jago2 ipa. Dan gw sempet banting stir k ips murni. Tapi gw sadar, ternyata gw emang pengen bgt FTI. gatau knp. Hahaha...
Dan skrg pun gw nyoba ikt USM ITB. Dan gw jg ikt UMB bwt nyenengn org tua. gw tetep fokus sm keduanya. Pokoknya ini gw bener2 nunggu bgt jalan mana yg Allah kasih ke gw. Ipa kah atau ips kah. Dan masalah cita-cita gw dari TK itu pun bakal keliatan berakir dimana. Hehe.
Minta doanya jg yaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar